Kamis, 15 Oktober 2015

Tugas Online Mata Kuliah Kewirausahaan Sesi 25
Bersama Bapak Drs, Mulyo Wiharto, MM, MHA

"Menentukan Sebuah Peluang Usaha"

Dalam menentukan sebuah peluang usaha, terlebih dahulu kita melakukan survei atau penjajakan yang langsung terjun ke masyarakat agar kita menemukan sebuah opurtuniti atau peluang yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, ada beberapa peluang usaha yang mungkin sangat dibutuhkan di masyarakat : 
  • Rumah Makan atau Restaurant
  • Laundry
  • Pencucian Motor
  • Usaha Foto Copy
  • Usaha Cuci Helm
  • Toko Kelontong
  • Warung Kopi
  • Kafe Tematik ( sasaran : anak muda )
  • Sewa Tenda dan Pelaminan
  • Travel Agent
  • Toko Buah
  • Penyewaan Kamar Kos
  • Salon dan Make Up
  • Penjahit
  • Toko Aksesoris Handmade
  • Sepatu Lukis Online
  • Toko Kue Tradisional dan Oleh-oleh
  • Kedai Kawa
  • Sewa Guest House
  • Toko Baju
  • Kantin Nasi Goreng
  • Kantin Jus atau Minuman
  • Penyewaan Komik
  • Bengkel Sepatu
  • Permak Levis
  • Usaha Katering
  • Usaha Jasa Penyewaan Pendamping
  • Penyewaan Alat-alat Camping
  • Penyewaan Alat-alat Olahraga
  • Klinik Fisioterapi dan Hidroterapi Anak
Dari sekian banyak peluang usaha yang memungkinkan yang sedang dibutuhkan masyarakat, seorang yang akan membuka sebuah usaha harus menentukan bisnis yang laing mungkin (Possible) yang sesuai dengan minat, bakat, hobi, pendidikan dan pengalaman. Diantara 30 peluang bisnis diatas, ada 10 peluang usaha yang Saya pilih yang sudah sesuai dengan saya. Diantaranya :
  • Usaha Fotocopy
  • Sewa Tenda dan Pelaminan
  • Penyewaan Kamar Kos
  • Salon dan Make Up
  • Sepatu Lukis Online
  • Toko Kue Tradisional dan Oleh-oleh
  • Kedai Kawa
  • Kantin Jus dan Minuman
  • Penjahit
  • Toko Aksesoris Handmade
  10 peluang usaha tersebut tentunya memerlukan modal yang tidak kecil,namun saya telah memilih 5 peluang usaha yang memungkinkan bagi saya untuk menjalaninya.
  • Salon dan Make Up
  • Penjahit
  • Toko Aksesoris Handmade
  • Kantin Jus dan Minuman
  • Sepatu Lukis Online
Hingga pada akhirnya saya memutuskan untuk menentukan satu buah usaha yang saya yakin dan optimis dengan modal yang cukup murah, akan mendatangkan keuntungan yang besar. Dan usaha ini meurpakan usaha yang memang diperlukan diantara masyarakat.
Peluang Usaha yang saya pilih adalah "Salon dan Make Up" dan yang menjadi sasaran dari bisnis saya ini adalah Mahasiswa. Untuk langkah awal, saya memang belum akan mencari sebuah tempat yang akan saya jadikan tempat berbisnis,sebab sasaran saya adalah mahasiswa yang notabene bisa dikatakan kaangan menengah secara ekonomi karena kebanyakan dari mereka belum memiliki penghasilan sendiri.Untuk titu,jika nantinya klien saya membutuhkan jasa Salon dan Make Up saya,bisa datang langsung ke tempat saya,atau bisa meminta saya untuk datang lagsung dengan memberi ongkos jalan saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar